sheila gank

sheila gank

Senin, 14 November 2011

PRAMUKA SDS TPM CIKUPA

PRAMUKA : Praja Muda Karana

Gerakan Pramuka, adalah nama organisasi pendidikan luar sekolah
yang menggunakan Prinsip Dasar Metodik Pendidikan
Kepramukaan  
Motto Pramuka : “Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan
Kode Kehormatan adalah suatu norma mengenai akhlak yang
tersimpan dalam hati seseorang karena orang tersebut tahu akan harga
dirinya. Norma dalam kehidupan Pramuka, yang merupakan ukuran
atau standar tingkah laku pramuka.
Kode kehormatan terdiri atas :
a. Satya Pramuka, yang merupakan janji Pramuka.
b. Dharma Pramuka, yaitu merupakan ketentuan moral.
Lambang gerakan pramuka, adalah silhoute Tunas Kelapa yang diciptakan oleh :  kak sunaryo Aimodipuro
1.Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2.Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.

3.Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam menyesuaikan dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4.Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
.
5.Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.
6. Akar pohon tumbuh kuat dan erat dalam tanah, dalam artian andika2 pramuka dituntut harus memiliki tekad dan kyakinan yang kuat dalam mencapai suati tujuan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar